10 Janji Allah Kepada Orang Yang Bertaqwa

Sahabat dimanapun anda berada, perlu kita ketahui dengan usaha yang keras, ketekunan, dan kesungguhan yang konsisten, Allah SWT akan memberikan kepada kita sifat taqwa. Ada berbagai kebaikan yang dijanjikan oleh Allah dalam Al-Quran untuk siapa saja  yang bertaqwa kepadanya.

Ini bukanlah sekadar janji yang sembarangan; ini janji Allah yang pasti dan pasti akan ditepati-Nya. Kemanfaatan yang diperoleh dari sifat taqwa ini tak terhingga nilainya dan tidak dapat diukur dengan uang dunia manapun. Di antara janji-janji Allah kepada mereka yang hidup dalam taqwa adalah:

Dilindungi Oleh AllahKarna Bertaqwa

Mereka dilindungi oleh Allah sebab taqwa. Ini dinyatakan dengan jelas dalam firman Allah:

"Allah menjadi Pelindung bagi orang-orang yang bertaqwa." (Al Jasiyah: 19)

Terlepas dari Kesulitan

Mereka akan terlepas dari kesulitan. Ini tidak berarti mereka tidak akan mengalami kesulitan atau cobaan, tetapi setelah melewati kesulitan dan ujian, mereka akan selamat. Meskipun ada berbagai rintangan dalam ujian tersebut, itu hanya sementara. Setelah itu, Allah akan melepaskan mereka dari ujian dan rintangan itu dengan memberikan berbagai nikmat. Ini diungkapkan dalam firman Allah:

"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, Niscya dia ( Allah ) Akan Membukakan jalan keluar baginya." (At Thalaq: 2)

Allah Akan Beri Rezeki

Di dunia, mereka akan diberikan rezeki yang tidak terduga dan tidak direncanakan. Ini dijelaskan lebih lanjut dalam ayat tersebut:

"Dan memberinya rezki dari arah yang tidak dia duga." (At Thalaq: 3)

Allah SWT akan memberi rezeki yang tidak pernah terfikirkan oleh kita. Inilah jaminan dari Allah SWT bagi mereka yang bertaqwa. Bagi orang yang bertaqwa, rezeki mereka akan dicukupkan. 

"Barangsiapa yang bertwakkal kepada Allah, niscaya Allah akanmencukupkan (keperluannya)." (At Thalaq: 3)

Allah memberikan jaminan bahwa pekerjaan orang yang bertaqwa akan dipermudahkan.

 Diberi keberkahan

Mereka akan diberkahi oleh langit dan bumi. Berkah akan tercurah pada harta, kesehatan, ilmu, anak-anak, pasangan hidup, teman, guru, dakwah, ajaran, kepemimpinan, dan lain-lain. Ini dinyatakan dengan jelas dalam firman Allah:

 "Jikalau sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan limpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (Al A'raf: 96)

Berkah berarti pertumbuhan atau kelimpahan. Ketika dikatakan hidup yang diberkahi, itu berarti hidup yang penuh dengan kemuliaan, ketenangan, kebahagiaan, dan penuhdengan kebaikan.

 Diterimanya Amalan

Amalan ibadah orang yang bertaqwa akan diterima oleh Allah. Hanya amalan orang yang bertaqwa yang akan diterima oleh Allah. Ini dijelaskan oleh Allah:

Maksudnya: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (qorban) dari orang yang bertaqwa." (Al Maidah: 27)

Amalan Diperbaiki

Amalan orang yang bertaqwa akan terus diperbaiki oleh Allah dari waktu ke waktu. Ini diingatkan oleh Allah dalam firman-Nya:

"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar, niscaya Allah akan memperbaiki amalan-amalan kalian." (Al Ahzab: 70-71)

Jadi, amalan orang-orang yang bertaqwa akan terus diperbaiki oleh Allah. Doa, puasa, bacaan Al-Quran, dzikir, dan perjuangannya akan terus diperbaiki. Setiap bentuk kebaikan yang dilakukannya akan terus diperbaiki oleh Allah dari waktu ke waktu. Ini adalah jaminan dari Allah.

Dosa Akan Diampuni

Dalam ayat tersebut juga disebutkan:

Maksudnya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah akan memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu.

Terlepas dari Tipu Daya Syaitan

Orang yang bertaqwa akan terlepas dari tipu daya syaitan. Ini disebutkan dalam Al-Quran:

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa, ketika digoda oleh syaitan dengan godaan syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahan mereka." (Al A'raf: 201)

Terlepas dari Tipu Daya Musuh

Orang yang bertaqwa juga akan terlepas dari tipu daya musuh, baik itu musuh yang jelas seperti orang kafir maupun musuh yang terselubung seperti orang munafik.

"Jika kamu bersabar dan bertaqwa, tidaklah tipu daya mereka akan menyusahkanmu, Sesungguhnya Allah meliputi segala apa yang mereka kerjakan." (Ali Imran: 120)

Terhindar dari Neraka

Orang yang bertaqwa akan terhindar dari Neraka. Ini berarti dia akan termasuk ahli surga karena tidak ada tiga tempat di Akhirat. Jika dia terlepas dari Neraka, itu berarti dia akan masuk Surga.

"Akan tetapi orang yang bertaqwa kepada Tuhannya, mereka akan mendapatkan surga-surga yang mengalir dibawahnya sugai-sunai,  dan mereka kekal di dalamnya sebagai karunia dari Allah." (Ali Imran: 198)

 Dalam Ayat lain :

 "Itulah Surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertaqwa." (Maryam: 63)

Demikianlah beberapa kelebihan atau keuntungan yang diperoleh oleh orang yang bertaqwa yang dijanjikan oleh Allah SWT. Semua ini tidak dapat diukur dengan mata uang dunia karena nilainya terlalu tinggi. Ini didapatkan melalui membersihkan hati, usaha sungguh-sungguh untuk menghilangkan sifat-sifat buruk dan menumbuhkan sifat-sifat baik, serta mengamalkan syariat secara lahir dan batin.

Jika di dunia kita melakukan hal hal yang sama sekali tidak ada manfaatnya untuk kita dan orang lain dan tidak memiliki nilai di sisi Allah, mengapa tidak berusaha untuk mendapatkan bonus taqwa yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat kita?.

Semoga Bermanfaat.

Jika terdapat kekeliruan dalam tulisan ini, kiranya diperbaiki dengan komentar di bawah ini.

terimakasih.

 

Posting Komentar

My Instagram

Copyright © Daeng Abdul Blog. Designed by OddThemes