Beberapa Amalan Bulan ZulHijjah

 


Bulan Dzulhijjah telah menghampiri kita, membawa berbagai keutamaan dan amalan mulia di dalamnya. Salah satu keistimewaan bulan ini terletak pada sepuluh hari pertamanya. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah SWT melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad di jalan Allah SWT?” Rasulullah SAW menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah SWT, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya, namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Imam at-Tirmidzi).

dalam hadist lain juga disebutkan sebagai berikut:

Dari Sayyidah ‘Aisyah, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada amalan manusia pada hari raya kurban (yaum al-nahr) yang lebih dicintai Allah daripada berkurban. Hewan kurban tersebut akan hadir pada hari kiamat dengan membawa tanduk, bulu, dan kukunya sebagai saksi. Darah hewan kurban itu pun akan diterima di sisi Allah sebelum jatuh ke tanah. Maka, berbahagialah orang yang berkurban.” (HR. Tirmidzi).

Semoga Allah memudahkan kita untuk meraih keutamaan bulan Dzulhijjah ini dan mendapatkan rahmat serta maghfirah-Nya. Amin.

1. Memperbanyak Amal Shalih di Sepuluh Hari Pertama

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari di mana amal shalih lebih dicintai Allah selain dari sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, bahkan lebih utama dari jihad fi sabilillah?" Rasulullah menjawab, "Bahkan jihad fi sabilillah, kecuali seseorang yang berperang dengan diri dan hartanya, lalu ia tidak kembali dengan apapun." (HR. Ibnu Hibban).

2. Memperbanyak Dzikir

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih dicintai untuk melakukan amal shalih selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Maka perbanyaklah tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil pada hari-hari tersebut." (HR. Thabrani).

3. Berpuasa pada Hari Arafah

Dari Abu Qatadah, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau bersabda, "Puasa Arafah menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." (HR. Muslim).

4. Berkurban

Dari Sayyidah 'Aisyah, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada amalan yang lebih dicintai Allah pada hari nahr (hari raya kurban) selain dari menyembelih hewan kurban. Hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu, dan kukunya, dan darahnya lebih cepat diterima di sisi Allah sebelum jatuh ke tanah. Maka berbahagialah orang yang berkurban." (HR. Tirmidzi).

Semoga Allah memudahkan kita untuk beramal shalih dan meraih keutamaan-keutamaan bulan Dzulhijjah, terutama pada sepuluh hari pertama. Kita juga berharap agar Allah selalu menaungi kita dengan rahmat-Nya, maghfirah, taufik, dan hidayah-Nya, serta memberikan rezeki untuk dapat menyempurnakan ibadah umrah dan haji. Amin, amin, ya Rabbal 'alamin.

 

Posting Komentar

My Instagram

Copyright © Daeng Abdul Blog. Designed by OddThemes