Kumpulan Nasehat Imam Hasan Al BAsri

Sahabat dimanapun berada

Imam Hasan Al-Bashri, seorang ulama terkemuka dari kalangan tabi’in, lahir di Madinah pada tahun 642 Masehi. Ayahnya, Yasar, adalah bekas budak Zaid bin Tsabit, dan ibunya pernah menjadi budak Ummu Salamah, salah satu istri Nabi Muhammad saw. Hasan Al-Bashri memiliki kedekatan dengan keluarga Nabi, bahkan pernah disusui oleh Ummu Salamah. Ia sering dibawa ke majelis para sahabat oleh Ummu Salamah, dan Umar bin Khattab r.a. pernah mendoakannya agar menjadi orang yang memahami agama dan dicintai oleh orang-orang.

Mutiara Hikmah dari Imam Hasan Al Bashri

  1. “Wahai anak Adam! Kalian tidak lain hanyalah kumpulan hari, setiap satu hari berlalu maka sebagian dari diri kalian pun ikut pergi.”

  2. “Di antara tanda berpalingnya Allah Subhanahu Wata’ala dari seorang hamba adalah Allah menjadikan kesibukannya pada hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.”

  3. “Semoga Allah merahmati seorang hamba yang merenung sejenak sebelum melakukan suatu amalan. Jika niatnya adalah karena Allah, maka ia melakukannya. Tapi jika niatnya bukan karena Allah maka ia mengurungkannya.”

  4. “Tidaklah datang suatu hari dari hari-hari di dunia ini melainkan ia berkata, ‘Wahai manusia! Sesungguhnya aku adalah hari yang baru, dan sesungguhnya aku akan menjadi saksi (di hadapan Allah) atas apa-apa yang kalian lakukan padaku. Apabila matahari telah terbenam, maka aku akan pergi meninggalkan kalian dan takkan pernah kembali lagi hingga hari kiamat.’”

  5. “Janganlah Anda tertipu dengan banyaknya amal ibadah yang telah Anda lakukan, karena sesungguhnya Anda tidak mengetahui apakah Allah menerima amalan Anda atau tidak.”

  6. “Jangan pula Anda merasa aman dari bahaya dosa-dosa yang Anda lakukan, karena sesungguhnya Anda tidak mengetahui apakah Allah mengampuni dosa-dosa Anda tersebut atau tidak.”

  7. “Saya belum menemukan dalam ibadah, sesuatu yang lebih sulit dari pada shalat di tengah malam.”

  8. “Seorang mukmin hidup di dunia bagaikan seorang tawanan yang sedang berusaha membebaskan dirinya dari penawanan dan ia tidak akan merasa aman kecuali apabila ia telah berjumpa dengan Allah Subhanahu wata’ala.”

  9. “Sesungguhnya Allah telah menetapkan kematian, sakit dan sehat (bagi setiap hamba-Nya). Barang siapa mendustakan takdir maka sesungguhnya ia telah mendustakan al-Qur’an. Dan barang siapa mendustakan al-Qur’an, maka sesungguhnya ia telah mendustakan Allah.”

  10. “Wahai anak Adam, juallah duniamu untuk akhiratmu, niscaya kamu untung di keduanya, dan janganlah kamu jual akhiratmu untuk duniamu, karena kamu akan rugi di keduanya. Singgah di dunia ini sebentar, sedangkan tinggal di akhirat sana sangatlah panjang.”

Salah satu cerita hikmah dari Imam Hasan Al-Bashri adalah ketika seorang pemuda mendatanginya dan mengeluhkan kesulitannya menjaga shalat malam. Imam Hasan menjawab, “Dosa-dosamu telah menghalangimu untuk melakukannya.”

Kata Mutiara Lainnya

Beberapa kata mutiara lainnya yang penuh hikmah dari berbagai tokoh Islam seperti Nabi Muhammad SAW, Sayidina Umar bin Khattab, Ibnu Mas’ud, Ali bin Abi Thalib, dan lainnya, memberikan pelajaran berharga tentang iman, ilmu, kesabaran, dan ketakwaan. Misalnya:

  • Nabi Muhammad SAW: “Pahlawan bukanlah orang yang berani menetakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah.”

  • Sayidina Umar bin Khattab: “Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.”

  • Ibnu Mas’ud: “Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah.”

  • Sayidina Ali bin Abi Thalib: “Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan.”

Pesan-pesan ini diharapkan dapat memperkuat keimanan dan memberikan inspirasi serta motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran Islam.

Posting Komentar

My Instagram

Copyright © Daeng Abdul Blog. Designed by OddThemes